Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Rabu, 17 Maret 2010

tips aquw

I Praise My Self

Dikutip dari majalah GADIS yang telah saya baca,banyak hal yang menarik tentang cara menghargai diri kita sendiri.Mungkin dari sebagian orang malah sibuk menghargai orang lain sehingga lupa untuk menghargai dirinya sendiri.Untuk itu mudah-mudahan dari tips yang saya berikan dapat memberikan pengetahuan bagi kalian semua untuk bagaimana cara menghargai diri kita sendiri sebelum menghargai orang lain.Sehingga kalian tau seberapa penting menghargai diri kita sendiri.Sebenarnya banyak cara untuk menghargai diri sendiri,yang paling penting lakukan saja apa yang biasa kita lakukan kepada atau untuk menghargai orang lain.Diantaranya yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut :

1. Terima Apa Adanya
Ke diri sendiri : Kita harus mensyukuri akan kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Jangan pesimis terhadap kekurangan yang kita miliki tapi jadikanlah kekuranganmu itu menjadi kelebihanmu, misalnya : kisah nyata seorang penyandang cacat dibalik keterbatasan fisik yang dia miliki,dia mampu berprestasi.

Ke orang lain : Lebih bisa menerima kekurangan dan kelebihan orang lain. Jangan mengejek atau menghina kekurangan orang lain dan jangan iri terhadap kelebihan orang lain. Karena tidak ada manusia yang sempurna dan setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

2. Tampil dengan pantas dan sopan
Ke diri sendiri : Kapanpun dan dimana pun kalian berada kalian harus berpenampilan sebaik-baiknya. Karena dengan berpenampilan pantas dan sopan sesuai dengan tata krama yang ada sebenarnya diri kita sendiri juga bakal terasa nyaman dan lebih terasa percaya diri. Contohnya yaitu kita tidak terlalu berpakaian terbuka khususnya bagi kaum wanita karena rugi buat diri kita sendiri disamping bakal di cap negatif oleh orang lain juga dapat membuat kita tidak nyaman dengan omongan orang lain.Oleh karena itu bersikap dan berpakaianlah yang pantas dan sopan sesuai tempat dan tata krama yang ada.

Ke orang lain : Bersikap dan berpakaianlah sebaik mungkin saat mau menemui orang lain atau dalam menghadiri acara-acara yang penting.

3. Be On Time
Ke diri sendiri : Berusaha untuk selalu tepat waktu dalam hal-hal yang menyangkut kepentingan diri sendiri.Seperti tepat waktu untuk makan,tepat waktu berangkat kuliah,serta tepat waktu dalam mengatur porsi belajar,bermain,dan istirahat.

Ke orang lain : Berusaha untuk menepati waktu apabila janjian sama orang lain,apalagi sama orang yang kamu hargai.Selain kamu tidak mau mereka menjadi kecewa,kamu juga tidak mau merugikan mereka dengan terlambatnya kamu.

4. Motivator
Ke diri sendiri : Kita harus memberi semangat terhadap diri sendiri dalam menghadapi keadaan apapun bahkan dalam keadaan terpuruk sekalipun.Karena kalau bukan dari diri kita sendiri yang memberi semangat siapa lagi yang dapat menyemangati diri kita untuk menghadapi segala masalah didalam hidup kita sendiri.

Ke orang lain : Memberi semangat kepada orang lain atau teman kita dalam keadaan apapun atau dalam menghadapi masalah. Karena dengan kita menyemangati orang lain dalam keadaan apapun,dengan sendirinya dengan tidak sadar semangat kita bisa membantu orang lain untuk tetap survive dan bersemangat menjalani setiap masalah dihidupnya.

5. Pintar “Jaga Mulut”
Ke diri sendiri : Dalam situasi tertentu kadang kita suka memaki-maki diri sendiri seperti “Aku bodoh dan jelek banget sih!”.Kalau kamu dalam keadaan seperti itu cepat berhenti dari kebiasaan buruk itu.Kalau kita sendiri saja suka menghina dan menganggap buruk diri sendiri,bagaimana dengan orang lain nantinya?.Sebaiknya saat kita kesal dengan kesalahan kita alih-alih bilang kalau diri kita “bego”,katakan bahwa lebih baik kita butuh belajar lagi.Dan saat berbuat kecerobohan jangan bilang diri kita “goblok”,tapi hati-hati lain kali.

Ke orang lain : Mungkin kamu jarang bahkan tidak pernah memaki orang lain. Selain karena itu tidak sopan, kamu juga tidak mau menyinggung perasaan mereka. Kamu tahu kalau kata-kata yang kasar bisa saling menyakiti dan mempengaruhi orang lain.

6. Banyak Istirahat
Ke diri sendiri : Apabila dalam keadaan diri kamu sedang banyak kesibukan dan punya banyak masalah sebaiknya kasih waktu sama diri sendiri untuk merasakan suasana tenang dan bebas stress dan beristirahat dari segala beban yang mengganjal.Bukan berarti kabur dari masalah akan tetapi cuma break sebentar biar pikiran jadi lebih tenang dan tubuh siap bekerja kembali.

Ke orang lain : Lebih menghargai waktu istirahat orang lain.Misalnya Pada saat kamu bersama teman-teman kamu,kita pasti tidak terus-terusan memaksa mereka untuk mendengar curhatan kita 24 jam karena kita tahu akan membuat mereka bosan dan tidak menelpon terlalu malam.

7. Forgive and Forget
Ke diri sendiri : Apabila kamu sudah melakukan kesalahan,kamu suka bersikap lebih keras dan lebih sulit memaafkan diri sendiri. Saat menyadari diri kamu berbuat salah rasanya bisa lebih menyakitkan dibanding menerima kesalahan orang lain.Lebih baik kebiasaan seperti itu jangan dilakukan lagi karena kalau terus-terusan marah dan merasa salah akibat sesuatu yang pernah kita perbuat ,kita bisa jadi musuhan dan membenci diri sendiri.

Ke orang lain : Walaupun seseorang sudah melakukan kesalahan dan kadang hal itu menyakitkan kamu tapi saat mereka meminta maaf biasanya kamu akan memaafkan. Hal tersebut bisa jadi karena mereka memang penting buat kamu dan kamu tidak mau kalian menjadi musuhan atau bisa juga kamu sadar kalau setiap orang tidak luput dari kesalahan.

8. Enggak Pelit Memuji
Ke diri sendiri : Yah ini pastinya hal yang penting, seperti “Aku terlihat cantik hari ini” waktu bercermin atau bilang “Aku hebat karena berhasil memperbaiki nilai ujianku”. Walaupun terkesan tidak penting tapi sebenarnya hal ini penting karena bisa membuat kita senang dan menjadi super semangat serta lebih percaya diri akan diri kita sendiri.Alhasil kita semakin tergerak buat berusaha lebih baik lagi.

Ke orang lain : Dengan memuji orang lain adalah perbuatan terpuji karena dapat membuat orang senang dan juga dapat memberi semangat orang lain. Seperti kamu pasti sering memuji saat teman terlihat cantik atau kagum dengan kepintarannya. Kamu juga memuji saat mereka melakukan suatu usaha dengan sungguh-sungguh biarpun usaha tersebut belum tentu sukses.

9. Jadi Pendukung Setia
Ke diri sendiri : Bukan hanya sahabat kita yang mempunyai mimpi tapi pasti kamu mempunyai banyak mimpi kan?.Jadi siapkan juga berbagai cara penyemangat buat diri sendiri.Dan saat kita gagal jangan menyerah dan berputus asa,siapkan saja berbagai kegiatan untuk membuat kita semangat lagi.Kalau perlu kamu bilang pada diri sendiri “Aku bisa! Aku pasti bisa !”.

Ke orang lain : Apabila temanmu atau orang lain ada yang sedang mengejar mimpinya,sebaiknya kamu jadi pendukung setianya atau menyiapkan segala hal yang bisa mendukung usaha dalam mengejar mimpinya termasuk segudang kata-kata penambah semangat dan tabungan kata-kata hiburan seandainya dia gagal.

10.Kasih Kado
Ke diri sendiri : Apa kamu pernah memberi kado ke diri sendiri?.Maksudnya bukan mengirim bunga lalu berlagak itu dari orang lain.Akan tetapi memberi hadiah spesial kepada diri kita sendiri pada saat berhasil melakukan sesuatu.Tidak harus mahal dan ribet,misalnya apabila kamu mendapat nilai ujian bagus,traktir diri kamu sendiri dengan makan makanan favorit kamu sepuasnya, lalu apabila kamu belajar semalaman suntuk hadiahi diri dengan nonton DVD kesukaan kamu sepuasnya.Walaupun sederhana tapi dari hal kecil seperti itu bisa bikin buat kita lebih senang dan lebih menghargai diri sendiri.

Ke orang lain : Memberi kado ke orang-orang yang terdekat tidak saat ulang tahun mereka saja kan?. Akan tetapi apabila mereka berhasil melakukan sesuatu tidak jarang kita memberi mereka ucapan selamat disertai hadiah berbentuk barang atau pun perlakuan istimewa.

Itulah sekilas tips yang bisa saya berikan, semoga dengan tips yang saya berikan dapat memberikan banyak manfaat dan pengetahuan bagi kalian semua.Terima kasih.

2 komentar:

Yuanita Handoko mengatakan...

bagus2 tipsnya...

iRma JuniyaNti mengatakan...

mksh yuanita,, :)

Posting Komentar